Paris

eciputraTekanan darah tinggi atau hipertensi tergolong sebagai salah satu penyakit yang berbahaya. Terlebih gejala-gejala awal hipertensi muncul secara tiba-tiba. Belum lagi risiko penyakit lainnya yang muncul akibat gaya hidup yang kurang sehat, seperti diabetes, ginjal, jantung, stroke, dan kanker. Nah, untuk mencegah ataupun menurunkan tekanan darah yang tinggi, berikut terdapat info singkat mengenai beberapa tanaman berkhasiat yang berperan sebagai obat herbal hipertensi yang ampuh, mudah diolah, dan yang pasti murah meriah.

Alang-Alang

Tanaman alang-alang sifatnya sejuk dan manis. Tak heran jika alang-alang sering dimanfaatkan sebagai obat alami untuk meredakan panas, melancarkan urin, dan menghentikan pendarahan. Tanaman alang-alang juga dapat mengatasi rasa haus. Mengkonsumsi alang-alang secara rutin dapat mengoptimalkan kinerja lambung, paru-paru, dan juga usus kecil. Tanaman alang-alang juga efektif untuk normalkan tekanan darah yang tinggi. Tahukah Anda, tanaman alang-alang mengandung manitol, sakharosa, glukosa, acidm malic, citric, arundoin, coixol, fernenol, cylindrin, anemonim, dan simiarenol di bagian batangnya. Sedangkan bagian tanaman alang-alang yang sangat ampuh untuk normalkan tekanan darah adalah bagian akar atau rimpangnya.

Bayam Duri

Bayam duri memang rasanya sedikit pahit. Tanaman ini sangat baik untuk organ ginjal dan jantung. Adapun hasil lainnya selain menormalkan tekanan darah yaitu meredakan demam, melancarkan urin, antitoksin, mengatasi diare, meredakan bengkak, dan membersihkan darah. Bayam duri kaya dengan zat piridoksin, kalium nitrat, rutin, amarantin, garam, fosfat, vitamin A, zat besi, vitamin K, dan vitamin C.

Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh mengandung zat analgetik dan zat perangsang pengeluaran empedu, dan zat antiradang. Buahnya sendiri jika dikonsumsi secara rutin dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Kayu Manis

Kayu manis tergolong dalam kelompok rempah-rempah dan rempah-rempah kaya akan manfaat. Bagian tanaman kayu manis yang dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal hipertensi adalah kulitnya.

Kumis Kucing

Daun kumis kucing juga bisa menjadi obat altrenatif untuk mengatasi hipertensi. Tanaman kumis kucing tinggi akan kandungan kalium, minyak asiri, glikosida, dan masih banyak zat baik lainnya. Cara mengolah daun kumis kucing untuk dijadikan obat, sangatlah mudah. Cuci bersih segenggam daun kumis kucing segar lalu cuci bersih dengan air mengalir. Rebus daun kumis kucing dengan 4 gelas air. Biarkan mendidiih dan air menyusut menjadi dua gelas. Saring lalu minum air rebusan daun kumis kucing hangat-hangat. Konsumsi secara rutin sehari dua kali. Perlahan namun pasti tekanan darah Anda akan kembali normal.

Mengkudu

Siapa yang tak kenal dengan buah mengkudu. Buah mengkudu dikenal dengan nama buah pace. Buah yang satu ini memang rasanya kurang begitu enak, namun khasiatnya sangat banyak. Selain sebagai obat herbal hipertensi, buah mengkudu juga dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk beberapa penyakit lainnya seperti nyeri haid, batuk, pencahar, cacingan, dan menyembuhkan radang dan infeksi.